Kamis, 08 Mei 2008

Indonesiaku

Indonesia adalah negara yang besar dengan letak geografisnya yang sangat strategis, namun setelah lebih dari 60 tahun merdeka masih belum dapat tampil menjadi negara yang diperhitungkan di dunia Internasional. Indonesia sempat di perhitungkan di masa kepemimpinan Bung Karno dan Pak Harto, namun semuanya seakan-akan sirna begitu saja ketika Indonesia diterpa krisis ekonomi yang sampai sekarang masih berbuntut panjang.

Sebenarnya hampir semua orang di negeri ini tahu bagaimana bangsa ini harus bangkit, namun kemauan dan tekad yang sungguh-sungguh yangbelum ada. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar bangsa ini mau bangkit dan diperhitungkan di dunia internasional, diantaranya:
1. Berantas tuntas korupsi, tanpa pandang bulu sampai ke akar-akarnya. Para pelaku korupsi harus dihukum dengan seberat-beratnya dengan hukuman minimal hukuman mati atau seumur hidup tanpa fasilitas.
2. Bersihkan para penegak hukum yaitu hakim, jaksa, kepolisian dan semua instansi terkait dari praktek korupsi dan mental yang mementingkan perut sendiri.
3. Indonesia harus berani berinvestasi jangka panjang. Yaitu memajukan pendidikan rakyat dengan memberikan anggaran yang besar bagi dunia pendidikan. Agar rakyat Indonesia minimal jenjang pendidikannya Sarjana atau S1. Bangun sekolah-sekolah dan kampus-kampus yang bermutu dan berorientasi pendidikan dan penelitian bukan berorientasi bisnis.

Saya rasa itu adalah beberapai shock terapi yang ampuh untuk mengatasi keterpurukan bangsa ini, meskipun mungkin masih ada beberapa lagi. Namun saya yakin suatu ketika nanti bangsa Indonesia akan kembali jaya seperti dahulu kala pada masa kerajaan-kerajaan. Tinggal bagaimana kita generasi muda ini mau berubah.

Mudah-mudahan tulisan ini dapat berguna.

Tidak ada komentar: